Etika Dalam Berinternet dan Macam-Macam Layanan Aplikasi dalam Internet

 Etika Dalam Berinternet

 Beberapa etika dalam berinternet antara lain :

  1. Jangan pernah menggunakan huruf Kapital, karena penggunaan huruf Kapital dianggap seperti ekspresi marah
  2. Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
  3. Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
  4. Personal Information
  5. Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.
  6. Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
  7. Jangan over acting atau over posting.
Contoh yang tidak baik dalam berinternet


Macam-Macam Layanan Aplikasi Dalam Internet

E-mail
    Electronic Mail (email) yang berarti surat elektronik yang berfungsi untuk mengirim surat.

E-Commerce

    E-Commerce adalah layanan internet yang digunakan untuk kepentingan ekonomi

E-Banking

    E-Banking adalah layanan internet yang digunakan dalam proses perbankkan, contoh adalah transfer uang, pembayaran rekening Listrik, air, dan lain-lain

E-Learning

    E-Learning adalah sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatap muka secra langsung melainkan dari jarak jauh.

E-Government

    E-Government adalah bentuk pelayanan pemerintahan terhadapt masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Milist (Mailing List) 

    Milist adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi.










Posting Komentar

0 Komentar